Cara Mengisi Bahan Bakar yang Efisien

Penggunaan bahan bakar yag irit - hemat tentu saja menjadi harapan pemilik ataupun pengemudi mobil. Namun, harapan tersebut terkadang tidak dapat terwujud dengan kondisi mesin yang tidak sehat atau mobil yang sudah lama dipakai.

Ada juga yang mengatakan, bahwa tingkat menggunakan bahan bakar tersebut tergantung pada cara penggunaannya.
Semua itu benar, tetapi ada bebarapa cara yang efektif yang bisa dilakukan untuk menghemat bahan bakar, sekaligus menjaga kondisi mesin tetap stabil.

Pertama, lakukan pengisian bahan bakar pada waktu pagi hari atau setelah dini hari.
Karena suhu permukaan tanah lebih dingin. Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU) menyimpan bahan bakar diruang penyimpanan bawah tanah. Jadi, hubungannya dengan suhu permukaan adalah semakin dingin suhunya, bahan bakar akan semakin padat dan sebaliknya suhu mulai meningkat, bahan bakar mulai menuai.

Di saat suhu meningkat, maka kotoran yang ada di dasar tangki akan naik dan kemungkinan akan ikut tersedot masuk ke dalam tangki bahan bakar mobil Anda.

Jadi, apabila kita mengisi bahan bakar di waktu sore hari atau malam hari, kemungkinan volume yang terbaca di meteran bahan bakar akan lebih besar dari sebenarnya, dan meskipun partikel kotor itu kecil namun lama-kelamaan akan mengendap yang dapat mempengaruhi kondisi karburator.

Kedua, sebaiknya mengisi bahan bakar saat tangki berisi bahan bakar mobil masih berisi setengah. Semakin banyak isi bahan bakar di dalam tangki, maka akan semakin sedikit pula udara yang ada di dalam tangki tersebut.

Di saat tangki bahan bakar mobil hanya berisi dibawah setengah isi tangki, maka bahan bakar akan menguap lebih cepat, sehingga bahan bakar akan cepat habis apalagi jika kondisi mesin mobil panas disaat perjalanan. Jadi, sebaiknya tetap menjaga tekanan di dalam tangki bahan bakar supaya mengurangi penguapan.

Ketiga, sekali-kali mengisilah bahan bakar dengan bahan bakar yang beroktan lebih tinggi. Hal ini bertujuan untuk membantu menjaga kondisi mensin tetap stabil. Selain itu kotoran yang terendap di dalam tangki juga akan ikut terangkat dan terbakar di pembangkaran.

Perlu diperhatikan juga, hafalkan biaya bahan bakar yang didapatkan. Contoh, jika mengisi Rp. 150 ribu bisa mendapatkan jumlah berapa liter, kemudian di waktu berbeda dengan jumlah uang yang sama, apakah sama yang didapatkan. Apabila berkurang takarannya, bisa jadi SPBU melakukan kecurangan dan bisa merugikan Anda.

Setelah langkah-langkah diatas dilakukan, perlu kita ketahui bahwa teknologi canggih Honda juga dapat membantu menghemat penggunaan bahan bakar serta ramah lingkungan, yaitu seperti fitur ECON pada mobil Honda.

Fitur ECON berfungsi mengendalikan sistem AC, Transmisi dan Drive By Wire. Sehingga membuat kinerja mesin lebih baik, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Cara menggunakannya mudah dengan menekan tombol ECON pada dashbooard mobil.

Honda ECON

Apabila fitur ECON diaktifkan, maka akan terlihat indikator warna pada Combi Meter. Hal ini memberikan informasi dan petunjuk mengemudi yang baik, sehingga menghasilkan kinerja mesin yang stabil dan hemat bahan bakar.

Meter Cluster Honda ECON

Promo Mobil Baru Honda Solo Sragen

Dapatkan Penawaran Promo Menarik Setiap Pembelian Mobil Baru Honda Solo Sragen melalui Andi di Surakarta, Klaten, Solo Baru, Sukoharjo, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Wonogiri - Jawa Tengah dan sekitarnya

New Honda Brio
DP Murah mulai Rp 15 Jutaan
Cicilan mulai Rp 1 Jutaan
Cashback mulai Rp 10 Jutaan
New Honda HRV
DP Murah mulai Rp 33 Jutaan
Cicilan mulai Rp 5 Jutaan
Cashback mulai Rp 10 Jutaan
New Honda BRV
DP Murah mulai Rp 25 Jutaan
Cicilan mulai Rp 5 Jutaan
Cashback mulai Rp 10 Jutaan